Apa Itu React Native Dan Keunggulannya


Bagi Anda yang sedang mempelajari pengembangan aplikasi iOS dan Android tentu mengenal istilah react native. Memang dalam mempelajari pembuatan aplikasi Android atau iOS cukup membutuhkan keahlian karena banyak kode khusus yang harus dipelajari apalagi bagi para pemula. 

Apa Itu React Native?

React native merupakan sebuah framework dari javascript yang dikembangkan oleh perusahaan besar salah satunya Facebook. Dengan gerak negatif ini Anda tidak perlu lagi membuat aplikasi hybrid karena sistem ini mampu mengkombinasikan aplikasi ke dalam sebuah native kode baik di Android ataupun iOS.

System react native terbilang unik karena mendeteksi komponen yang perlu di render ulang berdasarkan perubahan dalam data dan mana yang tidak. Hal ini membuatnya memiliki perbedaan dengan bahasa pemrograman lain dan menyebabkan reaksi diminati para developer. Jadi kesimpulannya reak native merupakan kombinasi antara reak dan Java script yang digunakan untuk membangun aplikasi mobile. 

Ketika anda ingin membangun aplikasi Android atau iOS maka wajib memiliki rakaat native agar tidak perlu repot membuat 2 desain aplikasi untuk dua platform yang berbeda. Karena iOS dan Android memiliki perbedaan yang cukup banyak jadi dengan react native pembuatan aplikasi sekaligus bisa dilakukan dan tentunya akan lebih efisien secara waktu dan biaya.

Keunggulan Dari React Native
Ada beberapa keunggulan yang bisa didapatkan ketika memilih menggunakan react native untuk membuat aplikasi IOS dan Android. Simak berikut ini. 

1. User Interface Yang Mudah Dipahami

Ketika memilih menggunakan react native tentu menawarkan user interface yang lebih disederhanakan untuk para pengguna seluler. React native disebut juga sebagai framework, apalagi untuk anda para pengembang aplikasi wajib memilih sistem ini karena menawarkan desain UI yang lebih responsif serta mengurangi waktu untuk pembukaan aplikasi. 

2. Aplikasi Yang Dibuat Lebih Detail

Dengan react native terdapat fitur untuk penyederhanaan proses data binding. Hal ini membuat aplikasi yang akan diproses lebih stabil dan performanya cenderung meningkat. Belum lagi terdapat elemen sel yang tidak memiliki pengaruh pada data perannya. Sistem ini hanya memungkinkan untuk pembaruan komponen yang hanya diizinkan saja.

3. Lebih Hemat Budget

Framework satu ini berbasis open source maka untuk semua proyek baik pribadi ataupun komersial tidak menggunakan modal alias gratis. Lalu jika anda berencana untuk melakukan perilisan pada aplikasi Android atau iOS yang dibuat sistem ini bisa memotong biaya pengembangan hampir setengahnya. Tentup ini akan menguntungkan bagi anda dan tim Karena tidak harus menerapkan setiap fitur untuk kedua platform secara mandiri.

4. Komunitas Open Source Yang Besar

React native  yang memiliki sifat open source sehingga membantu menarik banyak kontributor untuk mengetahui software open source. Bahkan Facebook sebagai pencipta dari react native berkomitmen untuk suksesnya sistem ini. bahkan Facebook menggunakan react untuk membangun produk berkelas yang populer dengan tutup itu terbaru seperti privasi shortcut dan crisis response.

5. Menghemat Waktu

Menggunakan react native adalah keputusan paling tepat karena desain dan tata letak menggunakan sistem ini jauh lebih produktif. Anda bisa lebih cepat nonvisual ilustrasikan aplikasi yang dibuat. Hal ini dengan adanya hot reloading yang memunculkan perubahan dibuat dalam kode yang kemudian diberlakukan ke aplikasi iOS dan Android. Selain itu terdapat pula fitur lainnya seperti Watchman sebagai layanan menonton file untuk mendeteksi ketika seseorang membuat perubahan pada kode tertentu. 

Jadi sekarang bagi  anda para pemula khususnya anda sudah mengetahui secara garis besar apa itu react native dan beberapa keunggulannya. Dari artikel diatas tentu juga nda bisa memutuskan untuk menggunakan sistem tersebut lebih lanjut untuk pembuatan aplikasi karena tentunya ada kemudahan dalam sistem react native. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.