Bosan dengan Sensasi Traveling Biasa? Yuk, Lakukan Wisata Religi!



Momen traveling apa yang paling berkesan buatmu selama ini?

Jalan-jalan ke luar kota atau luar negeri memang menyenangkan, ya. Banyak pengalaman seru yang bisa kamu dapatkan di setiap tempat yang kamu singgahi. Kalau sudah bosan dengan aktivitas traveling, kamu bisa mencoba gaya traveling yang lebih istimewa seperti wisata religi.

Indonesia ternyata memiliki berbagai destinasi wisata religi yang populer dan dikunjungi banyak orang sepanjang tahun. Jadi, tak ada salahnya bila kamu mencoba wisata religi ke beberapa kawasan di tanah air. Kini, kamu bisa menyewa villa di Batu,villa di Jogja, atau kawasan strategis lainnya bila ingin melakukan wisata religi. Urusan menyewa villa bisa dilakukan secara mudah melalui website atau aplikasi Traveloka. Kamu dapat mencari referensi villa terbaik sesuai bujet dan kebutuhan kalau ingin mewujudkan rencana wisata religi dalam waktu dekat.

Hal-hal yang harus disiapkan ketika ingin berwisata religi tentu berbeda dengan traveling biasa. Banyak aturan yang mesti dipahami dan ditaati sebagai bentuk penghormatan terhadap objek wisata religi. Sebaiknya kamu memahami beberapa aturan penting berikut ini supaya momen wisata religi berlangsung lancar dan penuh makna:

 

Menelusuri Berbagai Informasi Terkini Sebelum Melakukan Wisata Religi

Hal pertama yang wajib kamu lakukan sebelum berwisata religi adalah mencari informasi lengkap seputar destinasi wisata. Beberapa informasi penting yang tak boleh diabaikan antara lain lokasi tempat wisata, waktu berkunjung yang disarankan, pantangan, serta berbagai kebiasaan penting di tempat tersebut. Beragam informasi penting tersebut dapat membantu meminimalkan kesalahan atau hal-hal berbahaya selama kamu berwisata. Usahakan untuk memperoleh informasi terbaru yang kebenarannya terjamin (minimal 1 tahun terakhir).

 

Memilih Momen yang Tepat untuk Berwisata Religi

Jika kamu mengunjungi tempat wisata religi pada momen yang tepat, kemungkinan besar kamu menyaksikan perayaan hari besar agama di tempat tersebut. Misalnya, mengunjungi candi Borobudur pada hari raya Waisak atau makam wali menjelang perayaan Malam Satu Suro. Kendati demikian, kamu tetap wajib berhati-hati mengunjungi tempat wisata religi selama pandemi sebab momen perayaan besar akan membuat suasana destinasi wisata tersebut jadi lebih ramai. Selama melakukan wisata religi, jangan lupa menaati protokol kesehatan secara disiplin supaya terhindar dari risiko penularan Covid-19.

 

Menggunakan Pakaian yang Sopan, Rapi, dan Nyaman

Biasanya wisata religi mewajibkan para pengunjungnya untuk menggunakan pakaian sopan. Kaum wanita diharuskan menggunakan pakaian yang tertutup hingga ke bagian lengan dan mata kaki. Sementara itu, kaum pria tidak diperbolehkan menggunakan celana pendek. Ketika hendak melakukan wisata religi, pastikan kalau kamu sudah menyiapkan pakaian yang tepat. Pilihlah pakaian yang sopan, nyaman, dan rapi agar kamu tetap leluasa bergerak. Hindari pakaian yang terlalu ketat karena terkesan kurang sopan dan menyebabkan gerah sehingga kita jadi rentan berkeringat.

 

Memotret atau Merekam Video Jika Mendapat Izin

Salah satu aturan ketat yang diterapkan di tempat wisata religi adalah aturan memotret atau merekam video. Mayoritas destinasi wisata religi tidak mengizinkan pengunjung merekam atau memotret di lokasi wisata dengan alasan mengganggu kesakralan. Jadi, kamu mesti teliti mengenali larangan di sekitar kawasan wisata religi supaya tidak melanggar peraturan. Cobalah bertanya kepada penjaga tempat wisata religi mengenai izin memotret dan merekam video. Jangan sampai kamu diusir atau ditegur penjaga tempat wisata religi karena memotret atau merekam aktivitas di kawasan wisata tersebut secara sembarangan.

 

Mengutamakan Ketenangan dan Sikap Selama Berwisata Religi

Di Indonesia, banyak sekali tempat wisata religi yang berfungsi sebagai tempat ibadah untuk umat beragama tertentu. Hal tersebut membuat para pengunjung harus disiplin menjaga ketenangan selama berada di kawasan wisata religi. Jangan mengobrol dengan suara lantang, bercanda, atau mengucapkan kata-kata yang kurang sopan. Sikap kurang terpuji akan dianggap mengganggu dan mencerminkan bahwa kamu tidak menghargai kekhidmatan di tempat wisata religi.

 

Menjaga Kebersihan Tempat Wisata Religi

Selain harus menjaga ketenangan, kamu juga harus telaten menjaga kebersihan di tempat wisata religi. Karena menjaga kebersihan menunjukkan itikad baikmu sebagai pengunjung tempat wisata tersebut. Jangan buang hajat, buang sampah atau meludah sembarangan di kawasan wisata religi. Carilah toilet atau tempat sampah terdekat supaya tidak mengotori kawasan wisata religi. Amati berbagai tanda di tempat wisata religi agar kamu tidak sembarangan menginjak batas suci di lokasi tersebut.

 

Momen religi akan memperkaya pengalaman spiritualmu sehingga kamu tergugah menjadi pribadi yang lebih baik. Sekarang, yuk tentukan dulu destinasi wisata religi yang akan kamu kunjungi dalam waktu dekat. Cari info selengkapnya di internet supaya bisa merencanakan perjalanan wisata sebaik mungkin. Jangan lupa klik website atau aplikasi Traveloka jika ingin mencari akomodasi wisata yang berkualitas, ya. Wisata religi? Traveloka dulu.

3 komentar:

  1. Thank you very much for taking your time to create this very useful and informative post. 바둑이사이트

    BalasHapus
  2. I just couldn’t leave your website before telling you that I truly enjoyed the top quality info you present to your visitors? Will be back again frequently to> check up on new posts. Feel free to visit my website; 바카라사이트

    BalasHapus
  3. You make so many great points here that I read your article a couple of times. Your views are in accordance with my own for the most part. This is great content for your readers. 바카라사이트닷컴

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.